Konsep Teknologi Konvergensi Dan New Media
Definisi Konvergensi Media
Konvergensi media adalah penggabungan atau pengintegrasian media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan kedalam satu titik tujuan. Konvergensi media biasanya merujuk pada perkembangan teknologi komunikasi digital yang dimungkinkan dengan adanya konvergensi jaringan.
Konvergensi jaringan adalah koeksistensi efisien telepon, video dan komunikasi data dalam satu jaringan. Penggunaan beberapa mode komunikasi dalam jaringan tunggal menawarkan kenyamanan dan fleksibilitas bukan tidak mungkin dengan prasarana yang terpisah.
Konvergensi media tidak hanya pergeseran teknologi atau proses teknologi, namun juga termasuk pergeseran dalam paradigma industri, budaya, dan sosial yang mendorong konsumen untuk mencari informasi baru. Konvergensi media terjadi dengan melihat bagaimana individu berinteraksi dengan orang lain pada tingkat sosial dan menggunakan berbagai platform media untuk menciptakan pengalaman baru, bentuk-bentuk baru media dan konten yang menghubungkan kita secara sosial, dan tidak hanya kepada konsumen lain, tetapi untuk para produsen perusahaan media.
Gerakan konvergensi media tumbuh secara khusus dari munculnya Internet dan digitalisasi informasi. Konvergensi media ini menyatukan 3C yaitu computing (memasukkan data melalui komputer), communication(komunikasi), dan content (materi isi/ konten). Teori konvergensi media yang diteliti oleh Henry Jenkins pada tahun 2006, menyatakan bahwa konvergensi media merupakan proses yang terjadi sesuai dengan perkembangan budaya masyarakat.
Dampak Konvergensi Media
Saat ini dalam penyampaian informasi baik itu berupa tulisan, video, dan visual kepada khalayak, para pekerja media sudah mulai meramu semua elemen tersebut dalam bentuk digital. Hal tersebut disebut dengan konvergensi media. Tentu daja dengan adanya konvergensi ini akan menimbulkan banyak konsekuensi yang harus dihadapi.
Contohnya saja, sudah banyak media yang memindahkan informasi yang ada di koran, majalah, tabloid mereka dalam bentuk online atau disebut dengan nama jurnalisme online. Di sini, Khalayak pengakses media konvergen alias ”pembaca” tinggal meng-click informasi yang diinginkan di komputer yang sudah dilengkapi dengan aplikasi internet untuk mengetahui informasi yang dikehendaki dan sejenak kemudian informasi itupun muncul. Alhasil, aplikasi teknologi komunikasi terbukti mampu mem-by pass jalur transportasi pengiriman informasi media kepada khalayaknya.
Di sisi lain, jurnalisme online juga memampukan wartawan untuk terus-menerus meng-up date informasi yang mereka tampilkan seiring dengan temuan-temuan baru di lapangan. Dalam konteks ini, konsekuensinya adalah berkurangnya fungsi editor dari sebuah lembaga pers karena wartawan relatif mempunyai kebebasan untuk segera meng-up load informasi baru tanpa terkendala lagi oleh mekanisme kerja lembaga pers konvensional yang relatif panjang.
Kelebihan dari konvergensi media tidak hanya cepat dalam penyampaian informasi ke khalayak tapi seorang khalayak pengakses media konvergen secara langsung dapat memberikan umpan balik atas pesan-pesan yang disampaikan. Sedangkan di media cetak yang dimana umpan baliknya tertunda (biasanya kalau di Koran umpan baliknya berupa surat pembaca).
Tentu saja dengan banyaknya khalayak memilih media digital untuk memuaskan kebutuhan informasinya, secara otomatis segala macam bentuk periklanan juga akan beralih ke media digital karena tuntutan dari konsumen tersebut.
RUU Konvergensi
Seperti kita ketahui sudah banyak pekerja media beralih ke online serta juga sudah banyak khalayak yang mengaksesnya agar tetap di koridor yang semestinya, pemerintah membuat payung hukum yang disebut dengan RUU Konvergensi.
RUU Konvergensi ini isinya tentang informatika, yaitu UU No 36 Tahun 1999 membahas tentang telekomunikasi, UU No 11 Tahun 2008 tentang Infomasi dan Transaksi Elektronik, UU No 32 Tahun 2002 tentang penyiaran dan UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Keempat UU ini sangat diperlukan, karena dalam tahun-tahun ke depannya perkembangan teknologi informasi sangat pesat.Dengan adanya, konvergensi media maka akan mengubah pola-pola hubungan produksi dan konsumsi, yang penggunaannya berdampak serius pada berbagai bidang seperti ekonomi, politik, pendidikan, dan kebudayaan.
Layanan Jejaring Sosial
Layanan jejaring sosial adalah layanan dalam jaringan, platform, atau situs yang bertujuan memfasilitasi pembangunan jaringan sosial atau hubungan sosial di antara orang-orang yang memiliki ketertarikan, aktivitas, latar belakang, atau hubungan dunia nyata yang sama. Suatu layanan jejaring sosial terdiri dari perwakilan masing-masing pengguna (biasanya berupa profil), hubungan sosialnya, dan berbagai layanan tambahan. Kebanyakan layanan ini berbasis web dan penggunanya berinteraksi melalui Internet, seperti surat elektronik dan pesan instan. Layanan komunitas dalam jaringan kadang dianggap sebagai layanan jejaring sosial, meski dalam artian yang lebih luas layanan jejaring sosial bersifat terpusat pada individu, sementara layanan komunitas daring bersifat terpusat pada grup. Situs-situs jejaring sosial memungkinkan pengguna berbagi ide, aktivitas, acara, dan ketertarikan di dalam jaringan individunya masing-masing.
Situs Jejaring Sosial
Banyak layanan jejaring sosial berbasiskan web yang menyediakan kumpulan cara yang beragam bagi pengguna untuk dapat berinteraksi seperti chat, messaging, email, video, chat suara, share file, blog, diskusi grup, dan lain-lain. Umumnya jejaring sosial memberikan layanan untuk membuat biodata dirinya. Pengguna dapat meng-upload foto dirinya dan dapat menjadi teman dengan pengguna lainnya. Beberapa jejaring sosial memiliki fitur tambahan seperti pembuatan grup untuk dapat saling sharing didalamnya. Macam-macamnya sebagai berikut:
Layanan jejaring sosial adalah layanan dalam jaringan, platform, atau situs yang bertujuan memfasilitasi pembangunan jaringan sosial atau hubungan sosial di antara orang-orang yang memiliki ketertarikan, aktivitas, latar belakang, atau hubungan dunia nyata yang sama. Suatu layanan jejaring sosial terdiri dari perwakilan masing-masing pengguna (biasanya berupa profil), hubungan sosialnya, dan berbagai layanan tambahan. Kebanyakan layanan ini berbasis web dan penggunanya berinteraksi melalui Internet, seperti surat elektronik dan pesan instan. Layanan komunitas dalam jaringan kadang dianggap sebagai layanan jejaring sosial, meski dalam artian yang lebih luas layanan jejaring sosial bersifat terpusat pada individu, sementara layanan komunitas daring bersifat terpusat pada grup. Situs-situs jejaring sosial memungkinkan pengguna berbagi ide, aktivitas, acara, dan ketertarikan di dalam jaringan individunya masing-masing.
Situs Jejaring Sosial
Banyak layanan jejaring sosial berbasiskan web yang menyediakan kumpulan cara yang beragam bagi pengguna untuk dapat berinteraksi seperti chat, messaging, email, video, chat suara, share file, blog, diskusi grup, dan lain-lain. Umumnya jejaring sosial memberikan layanan untuk membuat biodata dirinya. Pengguna dapat meng-upload foto dirinya dan dapat menjadi teman dengan pengguna lainnya. Beberapa jejaring sosial memiliki fitur tambahan seperti pembuatan grup untuk dapat saling sharing didalamnya. Macam-macamnya sebagai berikut:
1. Facebook
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgrzgVa7HH_MnAWTQ23gDtNjrxoQ5N27gc5DzHDoKA02tBCk5mrIPBilXVkFlXToNnJ5qM9rZDrtcsEPJWUHm3TFgBHtRSnzuU1FG4ULjB8SFUHhlCSk1O8zgzX2yAvTTb4rbRDULpEmx8/s320/facebook.png
Facebook adalah sebuah web jejaring
sosial yang didirikan oleh mark zuckerberg dan diluncurkan pada 4 Februari 2004
yang memungkinkan para pengguna dapat menambahkan profil dengan foto, kontak,
ataupun informasi personil lainnya dan dapat bergabung dalam komunitas untuk
melakukan koneksi dan berinteraksi dengan pengguna lainnya.
Bagi yang sudah mempunyai account
facebook, untuk mulai beraktifitas di facebook dan berinteraksi dengan pengguna
lain kita musti masuk/login terlebih dahulu via halaman facebook login. Sedang
bagi pengguna baru / belum pernah daftar sebelumnya, tentu diwajibkan untuk
mendaftar dahulu supaya mendapatkan account facebook baru. Caranya bisa dilihat
di artikel sebelumnya cara membuat facebook. Kita tinggal memasukkan
username(nama pengguna), alamat email, kata sandi, tanggal lahir, dsb seperti
yang diminta di form registrasi dilanjutkan dengan langkah-langkah seperti yang
diminta, mudah kok. Lalu, bagaimana untuk yang belum punya email, apakah bisa
mendaftar facebook? Bisa, tapi harus buat email dulu.
2. Friendster
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiEXsExydYKiWJdjsGes0Y5AUb7AFTygn3YXS3cMptNlMkEcNtIBlOt7Qv2RGFzV1rnXpu9Xv9cHKjnAMusmz9vuf2Blm0cBwzzhdIH_NxKa5_V7YtETOzg98yZj_a8GT1B1nZhyphenhyphenhiybmQ/s320/friendster.png
Friendster adalah sebuah
situs untuk melihat seluruh orang secara manual, dimana di situs itu berguna
untuk melihat melihat teman-teman seperkenalan kita, baik yang pernah bertemu
atau tidak. Dan juga friendster itu bisa meletakkan profile ( bioadata, fhoto,
dsb ).
Sistem kerja Friendster hampir
mirip Multi Level Marketing (MLM). Kalau kita punya teman di Friendster, secara
otomatis kita akan masuk dalam jaringan teman kita tersebut. Terus seperti itu,
hingga terbentuk satu komunitas besar yang terus berkembang. Yang unik dari
Friendster ini, selain diskripsi diri lewat identitas dan foto, layanan ini
juga menyertakan testimonial yang diharapkan dapat menggambarkan si empunya
account dengan lebih obyektif.
Hingga 2006, pengguna Friendster
diperkirakan mencapai 20 juta orang dari berbagai belahan dunia. Namun menurut
survei comScore Media Metrix, tahun ini trafik pengunjung Frienster cenderung
menurun. Kalau bulan Oktober 2005 Friendster dikunjungi 1,7 juta pengguna
internet (unique visitor), maka pada bulan April 2006 pengunjungnya tercatat
hanya 1 juta orang.
3. Skype
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjjgXp-SNRzYxiAc36-MFxaBw0PEjrX0uLyPT4GDkrvtah-jSv4Xr-icmWZTi9Wbg3i4bxk-OW462XQL8n0qTpDAHLwGUCqR3RkmXtW30Awt98_zghkMULL0OPUhg9MOGBSByWk7vycctY/s320/skype.png
Skype adalah sebuah
aplikasi messenger seperti halnya Yahoo Messenger, MSN Messenger dll, tetapi
Skype lebih difokuskan pada layanan voice messenger ketimbang teks sehingga
Skype lebih dikenal sebagai aplikasi VoIP (Voice over Internet Protocol) yaitu
komunikasi suara melalui protokol Internet. Dengan demikian kita bisa melakukan
panggilan (telepon) antar PC ke PC dengan biaya gratis disamping itu kita juga
dapat melakukan panggilan dari PC ke telepon rumah atau panggilan dari PC ke
ponsel atau sebaliknya dengan
biaya/tarif yang sangat murah dengan kualitas suara yang sangat bagus.
Dengan fasilitas VoIP tersebut kita
dapat berkomunikasi dengan siapa saja diluar sana dengan mudah (dapat langsung
dengan suara/ngobrol dengan biaya gratis) atau dengan teks (selain chatting
seperti biasa kita juga bisa kirim sms ke ponsel). Komunikasi dapat dilakukan
hampir-hampir real time. Mekanisme real time-nya sendiri adalah saat kita
mengirim teks atau suara, penerima dapat menerimanya hampir pada saat yang
bersamaan sehingga dua pihak (atau sampai 4 pihak atau lebih (teleconference))
di tempat yang berbeda dapat berkomunikasi dengan baik.
Dengan memanfaatkan fitur nirkabel,
kualitas akses telepon berbasis internet juga sangat mudah dilakukan. Ketika
PDA yang didalamnya sudah terinstall aplikasi Skype kemudian terkoneksi dengan
salah satu hotspot, sambungan koneksi Skype bisa dilakukan, baik untuk telepon
melalui jaringan internet tidak terbayar (gratis) apabila menghubungkan sebuah
komputer yang menggunakan Skype, atau tersambung ke ponsel dan telepon rumah
bila menggunakan layanan Skype Out yang memberlakukan tarif sangat murah.
(Diperjelas : bila dari PDA yang sudah terkoneksi salah satu hotspot, menelepon
ke komputer yang ada dirumah biayanya
gratis dan apabila dari PDA menelepon ke ponsel atau telepon rumah maka
diberlakukan tarif tapi sangat murah menggunakan layanan Skype Out).
4. Twitter
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEie_hv0l4X2SRYk0ZtjmU8vmdkK2xAxAG4adxAK8YlK2igAQOjXakjjq-yYST58RlO_RwPN0JNeArDqzUZG9t7uQtpSrf8vcSvymHaHw0muLLRiZFG6u5lbryne1dUaXXhWOn3dVaR7UpU/s320/twitter.png
Setelah kita mengenal Friendster
dan Facebook dan situs jejaring sosial lainnya, Twitter seakan menyeruak hadir
dengan format yang berbeda. Konsep yang diusung oleh Twitter adalah jejaring
sosial untuk menyebarkan informasi pesan secara singkat, padat dan real time di
dalam kalimat kurang dari 140 karakter kepada pembacanya diseluruh dunia.
Pengguna Twitter dapat menyebarkan
informasi pesan singkat melalui beberapa cara, bisa melalui situs Twitter
sendiri, melalui SMS, atau melalui aplikasi Twitter lainnya seperti Twirl,
Snitter, atau Twitterfox yang merupakan aplikasi tambahan untuk browser
Firefox. Karena kandungan pesan yang singkat, Twitter dimasukkan dalam kategori
mikroblog, yaitu sebuah media online yang memungkinkan penggunanya menuliskan
informasi pesan secara singkat. Panjang pesan tersebut biasanya kurang dari 200
karakter.
Jika layanan pesan berbasiskan SMS
hanya mampu mengirimkan informasi kepada pengguna yang dikenal, maka Twitter
bisa digunakan sebagai sarana penyebar informasi kepada semua orang baik yang
dikenal maupun tidak, untuk memberitahukan keberadaan penggunanya. Penyampaian
pesan dalam Twitter umumnya tanpa berharap mendapatkan balasan/respon dari
pembacanya. Untuk urusan bisnis, Twitter bisa dijadikan alat untuk mengumumkan
kabar terbaru atau posting blog terbaru dari sebuah perusahaan bahkan
berinteraksi dengan konsumen. Twitter juga memudahkan kolaborasi internal dan
komunikasi dalam sebuah kelompok.
KELEBIHAN
Keberadaan situs jejaring sosial
ini memudahkan kita untuk berinteraksi dengan mudah dengan orang-orang dari
seluruh belahan dunia dengan biaya yang lebih dan penyebaran informasi dapat
berlangsung secara cepat. Selain itu, situs jejaring sosial juga memiliki beberapa
kelebihan sebagai berikut :
1. Bisa
Mempelajari Bahasa Asing
Jejaring Sosial itu umumnya bersifat
internasional dan Bahasa Internasional itu adalah Bahasa Inggris. Dengan
menggunakan jejaring sosial, kita secara tidak langsung akan mempelajari bahasa
asing tersebut.
2. Mempermudah Menyampaikan Informasi
Kemungkinan Masa Depan itu adalah Masa
yang serba Online dan serba internet. Oleh karena itu untuk mempermudah
menyampaikan informasi dapat dilakukan dari jejaring sosial, karena jejaring
sosial itu memiliki trafik kunjungan yang besar.
3. Bisa Mendapatkan Uang dari Bisnis Online
Dengan jejaring sosial kita juga bisa mendapatkan
uang. Misalnya, anda memiliki Twitter yang difollow oleh 100 orang. Saya
sarankan anda itu harus menguangkan Twitter anda dengan cara menjadi publisher
di revtwt. Karena revtwt akan membayar per klik dari link yang anda promosikan
dari tweet anda.
KEKURANGAN
Kemunculan situs jejaring sosial
ini menyebabkan interaksi interpersonal secara tatap muka (face-to-face)
cenderung menurun. Orang lebih memilih untuk menggunakan situs jejaring sosial
karena lebih praktis. Dalam kadar yang berlebihan, situs jejaring sosial ini
secara tidak langsung membawa dampak negatif, seperti kecanduan (addiksi) yang
berlebihan, terganggunya privasi seseorang dan sebagai berikut :
1. Berkurangnya kepekaan terhadapa lingkungan
Situs jejaring sosial akan membuat anak
lebih mementingkan diri sendiri. Anak menjadi tidak sadar dan peduli dengan
lingkungan sekitarnya karena waktu mereka dihabiskan didepan internet. Hingga
pada akhirnya mengakibatkan anak kurang peka bahkan tidak berempati dengan
lingkungan kehidupan mereka yang sesungguhnya.
2. Menjadikan pribadi seseorang pemalas
Ini efek negatif yang paling sering
ditemukan pada anak atau bahkan bukan hanya anak. Mereka menjadi malas untuk
belajar dan beribadah, karena terlalu asyik dengan teman barunya di jejaring
sosial. Hingga pada akhirnya meninggalkan kewajiban-kewajiban yang seharusnya
dikerjakan oleh anak.
3. Merusak Tata Bahasa
Situs jejaring sosial tidak memiliki
aturan baku yang berlaku bagi anak dalam melakukan interaksi dengan temannya
disitus jejaring sosial. Tidak ada tata bahasa baku untuk digunakan pada situs
jejaring sosial, ini membuat mereka berkomunikasi semau mereka sendiri dengan
bahasa mereka sendiri tanpa peduli dengan tata bahasa yang baik dalam
berkomunikasi. Hal ini perlahan tapi pasti membunuh kemampuan komunikasi yang
baik dan benar seperti yang dilakukannya dalam berinteraksi didunia nyata
Definisi RSS
RSS adalah singkatan dari Really
Simple Sindication, yakni satu sistem sindikasi yang memungkinkan Anda untuk
mendapatkan update/artikel terbaru dari situs-situs favorit Anda secara
otomatis. Misalkan Anda sangat menyukai blog ini (cuma contoh lho!), maka
dengan mendaftarkan diri diRSS saya, Anda akan memperoleh artikel-artikel
terbaru setiap kali saya meng-update blog ini.
RSS
adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (di
antaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog. Singkatan ini biasanya
mengarah ke beberapa
Rich Site Summary (RSS 0.91)
RDF Site Summary (RSS 0.9 and 1.0)
Really Simple Syndication (RSS 2.0)
Teknologi
yang dibangun dengan RSS mengizinkan kita untuk berlangganan kepada situs web
yang menyediakan umpan web (feed) RSS, biasanya situs web yang isinya selalu
diganti secara reguler. Untuk memanfaatkan teknologi ini kita membutuhkan
layanan pengumpul. Pengumpul bisa dibayangkan sebagai kotak surat pribadi. Kita
kemudian dapat mendaftar ke situs yang ingin kita tahu perubahannya. Namun,
berbeda dengan langganan koran atau majalah, untuk berlangganan RSS tidak diperlukan
biaya, gratis. Tapi, kita biasanya hanya mendapatkan satu baris atau sebuah
pengantar dari isi situs berikut alamat terkait untuk membaca isi lengkap
artikelnya.
Sejarah RSS
Pada
tahun 1995 RSS dimulai oleh Ramanathan V. Guha, yang dikembangkan sebagai Meta
Content Framework (MCF), yang bertujuan untuk mendeskripsikan obyek,
atribut-atributnya dan hubungan antara mereka. Tim Bray adalah salah satu
pionir XML, yang memindahkan MCF kedalam format berbasis XML, dan disebutnya
Resource Description Framework (RDF). RDF didefinisikan oleh World Wide Web
sebagai "a general-purpose language for representing information in the
World Wide Web".
Sejak
tahun 1999 MCF juga sudah lebih jauh lagi dengan XML, menjadi RDF. Dan RSS
pertama kali muncul pada Netscape Portal "My Netscape" sebagai RDF
Site Summary, dimana user dapat mempersonalisasikan halaman mereka dengan
apapun yang bisa didapat dari internet melalui itu, lalu mengaksesnya melalui
file RSS.
RSS Feed dan RSS Reader
RSS feed dapat dibaca dengan menggunakan
software yang disebut " RSS reader "," feed ", atau"
aggregator ", yang dapat berbasis web , berbasis desktop , atau perangkat
mobile berbasis. Pengguna berlangganan feed dengan memasukkan ke pembaca feed
yang URI atau dengan mengklik ikon pakan di web browser yang memulai proses
berlangganan. Pembaca RSS memeriksa pengguna yang berlangganan feed secara
teratur untuk pekerjaan baru, download setiap update yang ditemukan, dan menyediakan
antarmuka pengguna untuk memonitor dan membaca feed. RSS memungkinkan pengguna
untuk menghindari secara manual memeriksa semua situs mereka tertarik, dan
bukannya berlangganan situs-situs tersebut bahwa semua konten baru didorong ke
browser mereka bila telah tersedia.
Definisi Broadcasting
Broadcasting (dalam bahasa Indonesia adalah
Kepenyiaran) yakni proses menyampaikan siaran melalui perangkat elektronika
yang dinamakan Pemancar atau Transmitter untuk kemudian diterima oleh Si
Penerima Siaran melalui alat penerima siaran yang disebut Receiver.
Broadcasting
bisa digunakan untuk media massa elektronik, yakni yang disampaikan kepada
banyak orang, maupun broadcasting untuk satu atau beberapa orang saja, seperti
rapat online, chating, ngebreak, dll.
Broadcasting
dibedakan menjadi 2 jenis, yakni :
1.
Broadcasting
Radio atau Kepenyiaran Radio di frekuensi AM, FM, sistem Digital, sistem
satelite, maupun online di internet.
2.
Broadcasting Televisi atau Kepenyiaran
Televisi di frekuensi VHF, UHF, sistem
Digital, sistem satelite, maupun online di internet.
Keahlian
Broadcasting tidak hanya dalam proses siarannya, namun juga belajar bagaimana
memenejemen stasiun broadcast, termasuk memproduksi file-file audio maupun
video untuk digunakan sebagai bahan siaran.
Sejarah Broadcasting
Sejarah
media penyiaran dunia dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu sejarah media
penyiaran sebagai penemuan teknologi dan sejarah media penyiaran sebagai suatu
industri. Sejarah media penyiaran sebagai penemuan teknologi berawal dari
ditemukannya radio oleh para ahli teknik di Eropa dan Amerika. Sejarah media
penyiaran sebagai suatu industri dimulai di Amerika. Dengan demikian,
mempelajari sejarah media penyiaran dunia, baik sebagai penemuan teknologi
maupun industri nyaris hampir sama dengan mempelajari sejarah penyiaran di
Amerika Serikat. Pada bagian ini, akan dibahas sejarah penyiaran dunia dan juga
sejarah penyiaran di Indonesia.
Sejarah
media penyiaran dunia dimulai ketika ahli fisika Jerman bernama Heinrich Hertz
pada tahun 1887 berhasil mengirim dan menerima gelombang radio. Upaya Hertz itu
kemudian dilanjutkan oleh Guglielmo Marconi (1874-1937) dari Italia yang sukses
mengirimkan sinyal morse –berupa titik dan garis- dari sebuah pemancar kepada
suatu alat penerima. Sinyal yang dikirimkan Marconi itu berhasil menyeberangi
Samudera Atlantik pada tahun 1901 dengan menggunakan gelombang elektromagnetik
Sebelum
Perang Dunia I meletus, Reginald Fessenden dengan bantuan perusahaan General
Electric (GE) Corporation Amerika berhasil menciptakan pembangkit gelombang
radio kecepatan tinggi yang dapat mengirimkan suara manusia dan juga musik.
Sementara itu tabung hampa udara yang ketika itu bernama audion berhasil pula
diciptakan. Penemuan audion menjadikan penerimaan gelombang radio menjadi lebih
mudah.
Radio
awalnya cenderung diremehkan dan perhatian kepada penemuan baru itu hanya
terpusat sebagai alat teknologi transmisi. Radio lebih banyak digunakan oleh
militer dan pemerintahan untuk kebutuhan penyampaian informasi dan berita.
Radio lebih banyak dimanfaatkan para penguasa untuk tujuan yang berkaitan
dengan ideologi dan politik secara umum.
Peran
radio dalam menyampaikan pesan mulai diakui pada tahun 1909 ketika informasi
yang dikirimkan melalui radio berhasil menyelamatkan seluruh penumpang kapal
laut yang mengalami kecelakaan dan tenggelam. Radio menjadi medium yang teruji
dalam menyampaikan informasi yang cepat dan akurat sehingga kemudian semua
orang mulai melirik media ini.
Pesawat radio yang
pertama kali diciptakan, memiliki bentuk yang besar dan tidak menarik serta
sulit digunakan karena menggunakan tenaga listrik dari baterai yang berukuran
besar. Menggunakan pesawat radio ketika itu, membutuhkan kesabaran dan
pengetahuan elektronik yang memadai.
Komentar
Posting Komentar