E-government, E-business, E-learning, E-health, E-employement, E-enviroment, E-agriculture, E-science???

E-Government

Berasal dari kata Bahasa Inggris electronics government, juga disebut e-gov, digital government, online government atau dalam konteks tertentu transformational government. E-Gov merupakan suatu penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. e-Government dapat diaplikasikan pada legislatif, yudikatif, atau administrasi publik, untuk meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan publik, atau proses kepemerintahan yang demokratis. Model penyampaian yang utama adalah Government-to-Citizen atau Government-to-Customer (G2C), Government-to-Business (G2B) serta Government-to-Government (G2G). Keuntungan yang paling diharapkan dari e-government adalah peningkatan efisiensi, kenyamanan, serta aksesibilitas yang lebih baik dari pelayanan publik.

E-Business

Berasal dari kata Bahasa Inggris Electronic Business dapat diterjemahkan sebagai kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dengan menggunakan sistem informasi komputer. E-bisnis memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal mereka secara lebih efisien dan fleksibel. E-bisnis juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik. E-bisnis juga berkaitan dengan value chain seperti pembelian secara elektronik (electronic purchasing), manajemen rantai suplai (supply chain management), pemrosesan order elektronik, penanganan dan pelayanan kepada pelanggan, dan kerja sama dengan mitra bisnis. E-bisnis memberi kemungkinan untuk pertukaran data di antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, baik lewat web, Internet, intranet, extranet atau kombinasi di antaranya.

E-Learning

Berasal dari kata Bahasa inggris Elektronic Learning,menurut Jaya Kumar C, Koran (2002) e-learning sebagai sembarang pengajaran dan pembelajaran yang menggunakan rangkaian elektronik (LAN, WAN, atau internet) untuk menyampaikan isi pembelajaran, interaksi, atau bimbingan. Sedangkan menurut Michael (2013:27) E-learning merupakan Pembelajaran yang disusun dengan tujuan menggunakan sistem elektronik atau komputer sehingga mampu mendukung proses pembelajaran.
E-learning dalam arti luas bisa mencakup pembelajaran yang dilakukan di media elektronik (internet) baik secara formal maupun informal. E-learning secara formal misalnya adalah pembelajaran dengan kurikulum, silabus, mata pelajaran dan tes yang telah diatur dan disusun berdasarkan jadwal yang telah disepakati pihak-pihak terkait (pengelola e-learning dan pembelajar sendiri). Sedangkan secara informal  dengan interaksi tang lebih sederhana seperti melalui sarana mailing list, e-newsletter atau website pribadi, organisasi dan perusahaan yang ingin mensosialisasikan jasa, program, pengetahuan atau keterampilan tertentu pada masyarakat luas (biasanya tanpa memungut biaya).  

E-health

Electronic Health adalah penggunaan teknologi informasi dan komunikasi termasuk pula elektronika, telekomunikasi, computer dan informatika untuk memproses berbagai jenis informasi kedokteran, guna melaksanakan pelayanan klinis (diagnose atau terapi), administrasi serta pendidikan. Solusi yang ditawarkan e-health meliputi produk, sistem, dan layanan, sebagai contoh : informasi kesehatan, rekam medis elektronik, layanan pembelian obat, sistem komunikasi antar pengguna, dan informasi lainnya terkait pencegahan penyakit,diagnosa, perawatan, monitoring kesehatan, dan manajemen gaya hidup.

E-Employement

e-employment adalah web yang merupakan tempat untuk berbagi lowongan pekerjaan dimana orang mencari info pekerjaan sehingga memudahkan untuk mencari pekerjaan sesuai minat dan bakat. Dengan adanya web ini orang menjadi lebih mudah dan fleksibel. Kelebihan dari e-employment adalah Orang menjadi lebih mudah dalam mencari pekerjaan, mengurangi pengangguran, lebih fleksibel karena tidak membutuhkan tenaga dalam mencari pekerjaan, pilihan pekerjaan menjadi lebih banyak dicari sesuai bakat dan keahlian serta kemampuan yang dimiliki.

E-Environment

E-environment adalah pemanfaatan teknologi informasi dalam bentuk elektronik guna menyampaikan, mengenalkan, bahkan mengajak masyarakat luas pada umumnya untuk memahami pentingnya lingkungan disekitar kita yang perlu dijaga dan dijadikan milik yang harus dilestarikan. Kelebihan e-environmet  adalah dapat membantu melestarikan lingkungan hidup, dapat mempromosikan kekayaan alam yang dimiliki oleh masing-masing daerah, Penginformasian dapat mencakup masyarakat luas (seluruh dunia). Adapun kekurangan dari e-environment adalah kurang adanya sosialisasi dari hadirnya e-environment, dan masih kurangnya efek animasi atau video. Contoh nyata dari hadirnya e-environment adalah WWF (world wide fund). World Wide Fund (WWF) For Nature adalah sebuah organisasi internasional non-pemerintah yang begerak dalam bidang konservasi, penelitian dan perbaikan lingkungan. WWF didirikan pada tahun 1961 di Swiss. sebagai organisasi konservasi terbesar didunia dengan 5 juta pendukung di seluruh dunia, bekerja di lebih dari 90 negara, mendukung sekitar 1300 konservasi dan proyek lingkungan di seluruh dunia. WWF memiliki misi “untuk mencegah dan menghentikan penghancuran lingkungan”, WWF beupaya keras untuk menciptakan keseimbangan ekosistem dan dunia yang lebih baik lagi.

E-Agriculture

Pemanfaatan TIK dalam bidang pertanian sering dinamakan e-agriculture atau e-agribusiness. Pengertian e-agriculture atau e-agribusiness sering diambilkan dari definisi e (electronic) dalam konsep Information and Communication Technology, yaitu kegiatan pertanian dan/atau agribisnis yang memanfaatkan keunggulan ICT seperti komputer, internet, piranti lunak (software) dan piranti keras (hardware), radio, televisi dan perangkat IT lainnya, serta orang yang mengoperasikan ICT tersebut (Soekartawi, 2007).
e-Agriculture adalah bidang yang muncul sebagai perpaduan/irisan informatika pertanian, pembangunan pertanian dan kewirausahaan, mengacu pada layanan pertanian, diseminasi teknologi, dan informasi yang disampaikan atau ditingkatkan melalui Internet dan teknologi terkait. Lebih khusus lagi, melibatkan konseptualisasi, desain, pengembangan, evaluasi dan inovatif cara untuk menggunakan teknologi informasi yang ada atau muncul (FAO, 2005). e-Agriculture adalah bidang yang muncul untuk meningkatkan pertanian berkelanjutan dan ketahanan pangan melalui proses-proses untuk akses pengetahuan dan pertukaran menggunakan informasi dan komunikasi.

E-Science


E-Science pertama kali diciptakan oleh John Taylor, Direktur Jenderal Britania Raya pada tahun 1999. Diartikan lebih luas sebagai penerapan teknologi komputer untuk usaha penyelidikan ilmiah modern, termasuk persiapan, eksperimen, pengumpulan data, hasil diseminasi, dan penyimpanan jangka panjang dan aksesibilitas dari semua bahan yang dihasilkan melalui proses ilmiah. ini mungkin termasuk pemodelan data dan analisis, elektronik / notebook laboratorium digital, baku dan dilengkapi set data, naskah produksi dan versi draft, pra-cetak, dan cetak dan / atau publikasi elektronik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah, Pengertian, Macam-macam Komputasi Modern, Kelebihan dan kekurangan Komputasi Modern

E-Agriculture, E-Health, dan E-government beserta contoh aplikasinya

Salah Satu Contoh Kasus Ketidakadilan Hukum di Indonesia