Inovasi Bisnis

Inovasi bisnis merupakan hal yang mutlak dilakukan dalam dunia bisnis. Inovasi bisnis adalah perubahan yang terjadi dalam suatu perusahaan dan merupakan salah satu cara untuk mengembangkan sebuah perusahaan menuju arah perubahan yang lebih baik. Inovasi bisnis menjadi sebuah keharusan bagi setiap jenis usaha antara lain: perusahaan dalam skala kecil, skala menengah dan skala besar. Menurut Joseph Schumpeter definisi inovasi dalam ekonomi,1934: Mengenalkan barang baru dimana para pelanggan belum mengenalnya atau kualitas baru dari sebuah barang.
Ketika membicarakan inovasi, maka sebenarnya inovasi tidak bisa dibatasi. Inovasi sangatlah luas, batasnya adalah kemampuan berfikir manusia. Namun untuk masuk ke area yang tidak terbatas tersebut, mungkin perlu pengantar contoh-contoh inovasi yang sudah banyak kita kenal. Dalam tulisan ini, inovasi-inovasi yang bisa untuk menjadi contohnya inovasi produk, inovasi proses, inovasi servis, inovasi organisasi, dan inovasi model bisnis.
Inovasi Produk
Perusahaan yang selalu melakukan inovasi produk misalnya produsen sepeda motor. Setelah memproduksi mesin 2 tak dan 4 tak non-matic, saat ini yang banyak diminati konsumen adalah mesin matic. Inovasi dilanjutkan dengan jenis rem, mulai dari rem tromol, rem cakram, hidrolik.
Perusahan Honda berdiri pada akhir 1940an, ketika Jepang masih berupaya membangun negaranya kembali setelah Perang Dunia ke-2. Soichiro Honda, founder perusahaan ini sebelumnya memiliki pabrik pembuatan piston ring, sebelum kemudian memfokuskan perhatiannya pada sepeda motor berharga murah. Soichiro Honda selalu memiliki passion dalam bidang engineering, membuatnya sukses membuat motor best seller di tahun 1960an dan berkompetisi di kejuaraan balap motor kelas dunia.

Honda Mesin 2 Tak

Honda Mesin 4 Tak

Honda Matic

Iklan Honda  CBR150R 2016

InovasiProses
            Perusahaan yang banyak berinovasi proses adalah pabrik jamu dan pabrik obat-obatan. Kalau jaman dahulu, sebelum merdeka, jamu disajikan di gelas oleh penjual jamu gendong keliling, saat ini jamu sudah disajikan dalam sachet, tinggal dibuka, diminum di mana saja dan kapan saja, tidak diperlukan lagi penjual jamu keliling. Di Perusahaan obat-obatan juga telah banyak dilakukan inovasi proses, yang sebelumnya menggunakan mesin dengan kapasitas 10.000 kapsul per hari misalnya, telah diganti dengan mesin baru yang bisa memproduksi 10.000 kapsul per menit, dengan menggunakan tenaga kerja yang sama.


Inovasi Servis
Inovasi ini banyak dilakukan oleh perusahaan pemasaran retail atau penjual jasa. Para penjual retail saat ini tidak hanya menjajakan dagangannya di toko, kios atau warung, tetapi telah ada yang beinovasi ‘jemput bola,’ dengan mendatangi konsumen. Begitu juga dengan penjual jasa, kalau sebelumnya jasa kursus/pelatihan dilayani secara berkelompok, beberapa waktu kemudian sudah ada jasa kursus/pelatihan door to door, atau pelatihan private.

Inovasi Organisasi
Penting bagi perusahaan melakukan gebrakan inovasi organisasi. Organisasi yang vertikal dan nggedabyah, perlu direvisi menjadi horizontal/flat atau teamwork dan ramping. Sudah terbukti perusahaan yang mempunyai struktur organisasi yang ramping lebih survive di saat krisis dari pada organisasi yang nggedabyah. Organisasi dengan struktur flat biasanya disertai tanpa garis komando dari atasan ke bawahan. Garis komando diganti masing-masing pekerja bekerja sesuai dengan agreement, mou atau komitmen yang telah disepakati. Peran atasan bukan lagi sebagai supervisor atau tukang perintah dan mengawasi, tetapi ia berperan sebagai mentor atau coach. Dan, otoritas tertinggi tidak terletak di pundak pimpinan, tetapi ditempatkan di system atau value yang telah disepakati bersama sebelumnya, yang umumnya dituangkan dalam visi, misi, kode etik, goal dan obyektif perusahaan.

Inovasi Model Bisnis
Contoh yang bisa jelas dilihat adalah dalam sistem pemasaran atau distribusi produk. Model bisnis yang telah berkembang sejak dahulu adalah pemasaran konvensional, yaitu dengan membuka cabang di beberapa tempat untuk melayani konsumen di berbagai tempat. Sistem pemasaran seperti ini membutuhkan biaya/investasi yang sangat besar. Saat ini sudah banyak perusahaan yang berinovasi,  merevisi sistem pemasarannya dengan menggunakan waralaba dan networking: a.l. member get member dan multilevel marketing.

http://www.gurupendidikan.com/10-pengertian-kreativitas-dan-inovasi-beserta-contohnya/
http://maticaddicts.com/sejarah-sepeda-motor-honda/#.WARV1eCLS00





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah, Pengertian, Macam-macam Komputasi Modern, Kelebihan dan kekurangan Komputasi Modern

E-Agriculture, E-Health, dan E-government beserta contoh aplikasinya

Salah Satu Contoh Kasus Ketidakadilan Hukum di Indonesia